Perpanjang SIM, Mutasi dari Tangerang ke Depok


Share pengalaman pribadi.

Baru inget, klo SIM A & C gw sebentar lagi maw abis masanya. Trus akhirnya cari tau info kesana-sini bagaimana caranya perpanjang SIM A & C dengan Mutasi.

Pertama sempet tanya ke TMC Polda Metro Jaya via e-mail tmc@lantas.metro.polri.go.id. Lumayan cepet responsenya kurang lebih 1 hari (termasuk lama kali yakss zzzzzzz).

Kira2 seperti ini pembicaraannya :

Dear Admin

Saya 5thn lalu buat SIM di Tangerang, karena saya masih menjadi penduduk Kota Tangerang.
Sebentar lagi Masa Aktif SIM saya sudah mau habis bulan MEI tahun ini.
Sekarang saya menjadi penduduk Kota Depok.

Pertanyaannya :
1. Apakah saya bisa memperpanjang Masa aktif SIM di Depok, sesuai dengan status kependudukan Saya?
2. Berapa biaya perpanjang SIM A dan SIM C?

Jawabannya:

Silahkan anda mutasi SIM dari Satpas Tangerang ke Satpas Depok, syarat SIM lama dan KTP baru/depok

 * Ko ga dijawab ya pertanyaan nomor 2? takut atau apa ni?😀 – dalem hati klo ini
Ok gw kira infonya udah cukup jelas, intinya bisa jalan sendiri tanpa melalui calo2.
12-04-2012
Ke Polres Tangerang yang ada di Jl. Daan Mogot. Seperti biasa baru masuk langsung ditawarin bala bantuan baik dari oknum ataupun dari ojnum calo resmi.
Calo : “Maw dibantuin pak bikin SIMnya, tinggal langsung poto tana tes segala macem?”
GW : “Emang berapa?”
Calo : “Satu sim 300, klo A & C 500”
GW : “Engga deh pak makasih, cuma maw bikin surat mutasi ko :)” sambil senyum ga enak😛
Tanya petugas di pintu masuk satpas, katanya langsung ke LOKET 1, tepatnya di paling kanan. Nunggu kira2 15-20 menit udah jadi suratnya dan Langsung diaksih tarif gw buat ongkos bikin surat mutasinya. Rp 50.000 untuk selembar surat dari Polres Tangerang.
Ngeliat jam udah jam 11an, ga bakal sempet klo maw langsung ke Depok, alhasil balik dulu ke rumah Ortu.
13-04-2012
Hari kedua langsung ke Satpas Depok di Jl. Margonda, depan ITC Depok. Tadinya ada niat pengen ngurusinnya di Mobil SIM keliling, tapi daripada ntarnya malah ga bisa, mending langsung aja deh ke Polres Depoknya.
Sampe sana sekitar 09.15 WIB, seperti biasa langsung ditawarin oleh para Calo, baik Oknum Polisinya maupun Oknum non Polisi. Emang dah ga niat maw pake Calo, langsung bilang aja “Engga pak, maw jalan sendiri aja :)”.
Dateng ke loket Pendaftaran, langsung dibilang :
Gw : “Pagi pak, maw daftar perpanjang SIM”
Petugas : “Boleh liat Fotokopy KTP dan SIMnya”
*sambil ngeliat secara teliti
“Wah ini ga bisa pak, harus pinda berkas dulu dari Tangerang”
Gw : “Yang kaya gini pak?” *sambil senyum songong😀
Gw sengaja ga langsung bilang klo gw itu maw perpanjang Mutasi dari Tangerang, ternyata dia ngeh juga *gud Job pak
Petugas : “Langsung ke tempat tes kesehatan aja ya, abis itu ke Loket Bank untuk bayar Asuransi”
Gw : “Ok pak”
Ke tempat tes kesehatan harus Bayar Rp 45.000, tesnya cuma cek tensi sama nyebutin angka diantara beragam warna diantaranya(untuk tes mata). Oia, ditempat tes kesehatan harus nyerahin fotokopi KTP 2lembar.
Langsung bergerak ke Loket bank untuk bayar Asuransi, dengan harga Rp 60.000 dapat 2 Kartu Asuransi yaitu untuk pemegang SIM A& B dan SIM C.
Selanjutnya pergi ke Loket Pendaftaran, yang diserahkan adalah, kartu Tes Kesehatan, Approval Asuransi, 2 fotokopi KTP dan SIM Aslinya + dokumen Mutasi yang udah dibuat di Tangerang dan tentunya dengan biaya Rp 130.000 untuk SIM C & Rp 135.000 untuk SIM A.
Proses diatas memakan waktu +- 30 menit. Alhasil tinggal nunggu untuk giliran Poto Session.
Lumayan lah nunggunya +- 30 menit juga. Nunggu hasil SIMnya cepet juga ko +- 10 menit.
Yap selesai sudah, jadi totalnya untuk perpanjang sbb:
Biaya : 
1. Surat Mutasi SIM dari Tangerang : Rp 50.000
2. Tes Kesehatan : Rp 45.000
3. Asuransi : Rp 60.000
4. Biaya perpanjang SIM A & C : Rp 265.000
Total : Rp 420.000 (Untuk 2 SIM)
*Klo untuk 1 Sim saja silakan kira2 yak😀
Mohon dikomen atau dirate juga boleh..
Thank’s

14 Responses to “Perpanjang SIM, Mutasi dari Tangerang ke Depok”

  1. Indah Pawitaningtyas Says:

    trims udah share. Sangat bermanfaat sekali. Kebetulan saya lagi bingung mau mutasi SIM C dari Surabaya ke Depok. Mengingat Surabaya-Depok jauuuuuhhhh, kalo kekurangan dokumen pindah nya, ribet dan panjang lagi prosesnya. Jadi kalau lihat dari pengalaman anda di atas, saya tinggal minta tolong keluarga di Surabaya untuk ngurus SELEMBAR surat mutasi itu ya…. Selanjutnya yang di Depok tinggal bergerak sendiri, sehari jadi, asal dateng pagi😉 Oiya, Satpas hari sabtu buka kan ya?

  2. Edwin Says:

    mangstab dham! masih jadi anak buahnya Pak Awi? salam yeee

  3. ultrasinter Says:

    owh sekarang kau jadi warga negara depok tohh ? berarti kalo perpanjang SIM gw kudu pergi mutasi dulu gitu boy ? gw bukan warga tangerang lagi nie …

  4. Edy Kismantoro Says:

    Mas Bro,
    Trim’s share infonya.
    Ane juga, warga baru di Kota Belimbing Depok.
    Ane ntara taun depan sebelon Februari aje deh, klo perpanjang sekarang sayang masa berlaku SIM-nya masih lama banget.
    OK Mas Bro
    sampai Jumpa di Depok (sesama warga Depok nih…)

  5. Toko kreskres Says:

    ini sama kaya ane… mutasi sim c dari tangerang ke depok.. klo ane lgsg minta “bantuan” di polres depoknya.. heheh,, kalo gasalah kena 250/350 lupa ane udah dua tahun yg lalu.. hehehe.. minggu ini pngen ke sana lagi buat sim A nya yg blm ane mutasi (udah habis)… makanya guglin, eh nemu artikel ginian.. hehehe.. nice info..niatnya mau coba cara ente mas.. tp gatau juga nih gada waktunya ke tangerang😥 mudah2n tar tarifnya ga gitu naek yah..

    • Idham Ramdhani Joesoef Says:

      Hehehe,,mudah2an berguna artikel ini..🙂

      • Toko kreskres Says:

        eh update Mas.. ternyata bisa lho tanpa mutasi.. ane perpanjang di sim keliling cinere waktu itu… SIM A ane masih Tangerang dan dah abis januari itu.. KTP ane dah DEPOK.. eh ternyata bisa.. harganya pas sama kaya ente 130rb… nah nomor SIM kita yg baru di depok ini ga berubah.. alias sama kaya yang tangerang.. karena kita ga mutasi… lalu syarat pentingnya itu setelah jadi. harus di fotocopy… dan simpen baik2.. jikalau sewaktu-waktu ilang.. masih bisa diperpanjang/ganti ulang asal ada fotocpyannya.. karena nomor SIM kita ga berubah.. (nomor tangerang)

      • Idham Ramdhani Joesoef Says:

        Wahhh,,mantep deh sekarang. udah bisa tanpa harus mutasi.
        Well done🙂

  6. victor Says:

    Halo mas, mau nanya juga nih, saya KTPnya tangerang. Saya tinggal di depok untuk sementara. Kalau misalnya saya mau buat sim baru di depok dengan ktp tangerang, gimana yah ? Mohon pencerahannya mas. Terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: